[08.15] Oleh: Raka Yusuf


Pernah liat sih yang judulnya Cara Reset Alarm Avanza. Hehe, gue sih ikutin judulnya aja. Gue ga tau alarm Avanza sama Xenia beda apa ngga. Mobil gue XeLi 2007. Jadi gue coba untuk nulis cara reset alam mobil Xenia aja di sini.

Yang pasti tadi siang abis cuci mobil Xenia gue, alarm mobil ngadat. Di rumah, pas gue turun dari mobil, seperti biasa gue tutup pintu dan pencet tombol remote alarm dan seperti biasa juga tu alarm gue pake "silent mode". Eeh tu alarm ngga silent. Dia bunyi tiga kali. Biasanya sih kalo alarm mobil bunyi 3x begitu berarti ada pintu yang ga ketutup rapet, atau pintu bagasi ga rapet, atau kap mesin ga rapet. Nah gue masih nyantai tuh. Gue periksa semua pintu, gue buka-tutup ulang, termasuk bagasi dan kap mesin. Ealah, pas gue pencet remote alarm dia masih bunyi 3x! Wuaah, Xenia gue kenapa ya.

Hmm gue lantas mikir, parah juga nih tempat cuci mobil, apanya yang diapain sama mereka ya. Tadi sih niatnya cuci di C3 pinggir tol, tapi antri, jadi males deh. Terpaksa cuci mobil deket rumah, yang notabene gue udh males cuci di situ lagi karena kiri kap mesin mobil pernah lecet di situ, plus wiper kaca belakang pernah salah dudukannya sampe bukan cuma kaca yg di-wipe sama wiper gue, tapi body belakang mobil juga. Tapi entah kenapa, gue masuk juga ke situ tadi siang. Ya maklum, mobil gue udh 3 minggu ga mandi! :p Sebenernya itu tempat cuci sekalian bengkel juga sih.

Singkat cerita, gue balik lagi dong ke sana minta pertanggung-jawaban, wkwkkk.. Eh di sana mereka cuma bisa bilang, "Kita ga apa2in koq Pak alarm mobil Bapak." Trus mereka periksa2 alarm mobil sekitar 15 menit lah, sampe akhirnya salah satu teknisi deketin gue dan bilang, "Bawa ke tukang alarm mobil aja deh, Pak." Hmmm untung bulan puasa lo ye! Kalo ngga sih...

Trus gue tanya dong, "Tukang alarm mobil deket sini di mana?" Eh dia ga tau. Dia malah bilang, "Coba periksain di tukang gulung dinamo aja di situ, Pak," katanya sambil nunjuk ke arah toko beberapa blok dari situ. Ealaaah, ampir nyolot deh, emang tukang dinamo ngerti ya cara benerin alarm mobil?! Wkwkkk, sabaaarrr...

Akhirnya gue pergi dari situ. Gue pikir bawa Xenia ke Daihatsu aja deh sekalian. Hmm bakal kluar duit berapa ya. Di tengah jalan gue inget, pas di bengkel cat mobil juga pernah kejadian alarmnya bertingkah rada aneh, trus sama teknisi di sana diapain gitu tu alarm. Waktu itu sempet gue denger mereka ngobrol katanya di-reset alarmnya. Hmm gimana cara reset alarm ya?

Internet!
Apa sih yang ga ada di Internet?? Gue langsung ambil HP, sambil nyetir pelan2 gue buka Opera Mini, trus gue ketik "cara reset alarm mobil". Muncul paling atas forum di kaskus. Judulnya kurang lebih gitu deh, cara reset alarm mobil. Langsung gue baca. Nah, ada neh. Gue langsung pinggirin mobil deket ruko Aries situ (untung jalanan ga terlalu rame). Trus gue praktekin yang didiskusiin di situ. Eeehh berhasil!!! Alhamdulillaah.

Buat yang penasaran, begini kira2 cara reset alarm mobil Xenia yang gue kerjain tadi siang:
  1. Matiin mesin mobil, buka pintu (di Internet sih banyak yang bilang pintu sopir aja).
  2. Masukin kunci kontak, standby di posisi ACC (bukan OFF). Kalo ga salah kan ada 4 posisi tuh, OFF, ACC, ON, IGNITION. Nah coba putar dari ACC ke ON, trus ke ACC lagi. Ulangi beberapa kali secara berkala, ga terlalu cepat, ga terlalu pelan (kira2 1 - 2 detik satu siklusnya). Well, katanya sih beda merek alarm mobil beda jumlahnya. Nah ini karena mobil gue Xenia aja. Tadi sih gue coba sampe 7x. Nah tanda2nya berhasil tuh lampu LEDnya alarm mobil kita akan bereaksi. Reaksinya juga beda2. Kalo gue tadi sih kedip2 gitu dari keadaan mati (pas ON ketujuh kalinya).
  3. Langkah berikutnya sih beda2 lagi. Coba aja pencet remotenya dan/atau tutup pintunya. Alias coba2 gitu lah.
Sebenernya sih kalo beli mobil (atau beli alarm doang) pasti dapet manual book alarm. Nah di situ pasti ada cara reset alarm. Tapi di saat darurat? Ga tau juga tu buku manual ada di mana kali ya. Well, Internet adalah teman terbaik di saat2 seperti itu! :D

-------
Kata kunci: alarm mobil, reset alarm mobil, cara reset alarm, cara reset alarm mobil, cara reset alarm mobil Xenia.
Labels: edit post
0 Responses

Poskan Komentar