[09.52] Oleh: Raka Yusuf
Status: DRAFT.
Bicara tentang protokol pastilah merupakan pembicaraan yang amat luas. Bagaimana sih cara kerja protokol? Tentu saja beda protokol beda pula cara kerjanya. Yang pasti, semua protokol diatur oleh standar tertentu yang dikeluarkan oleh badan/otoritas masing2, misalnya standar dokumen RFC (Request For Comment) atau standar yang dikeluarkan ISO (International Standard Organization).
Nah, biasanya membaca standar-standar tersebut cukup membuat pusing, terutama bagi pemula. Mungkin belajar protokol menjadi lebih menyenangkan bila kita bisa melihat langsung bentuk dan cara kerja protokol langsung pada saat protokol itu sedang bekerja. Istilah kerennya 'protocol in action' :D
Di sini, melalui tulisan ini akan sedikit diperkenalkan sebuah alat bantu (tool) untuk keperluan itu, yakni Fiddler versi 2 alias Fiddler2. Tapi sepertinya tool ini hanya bisa digunakan untuk protokol Layer 7, khususnya HTTP. Tool ini bekerja dengan cara membuat semacam proxy server di lokal. Semua lalu lintas (traffic) data dari dan ke browser diarahkan dulu ke Fiddler. Tentu saja ini dilakukan dengan mengatur setting proxy pada browser.
Nah pada saat terjadi komunikasi, semua paket data akan dapat dilihat pada jendela utama Fiddler. Di sini kita bisa menganalisa paket2 yang menggunakan protokol HTTP tersebut.
Apa bedanya dengan 'packet sniffer'? Tentu saja beda, karena traffic yg dilihat Fiddler merupakan traffic 'resmi' yang kita kehendaki untuk dilihat.
Hmm rasanya kurang seru bila tidak ada gambar yang memvisualisasikan penjelasan di atas. Hehe, maklum, tulisan ini dibuat di HP, jadi agak repot soal gambar. Saat tulisan ini direvisi nanti, insya Allah akan lebih komplit dan detail, lengkap dengan gambar dan link tempat donlod Fiddler. Sementara itu, silakan googling aja dulu :)
Have fun!
0 Responses

Posting Komentar