[11.10] Oleh: Raka Yusuf

Setelah berhasil pasang tombol LIKE dari Facebook bulan yang lalu (lihat Cara Pasang Tombol LIKE dari Facebook Bagian 1 di sini), rasanya kurang lengkap kalo ga masukin cara lainnya :)
Cara yang kita tempuh bulan lalu itu agak sedikit repot dan membutuhkan permalink dari halaman yang kita ingin pasang tombol LIKE itu. Masalahnya adalah, saat kita baru menulis sebuah posting di blog, kita belum punya permalink (atau udah sih? CMIIW ya), jadi tentu saja kita tidak bisa memasukkan kode-kode dari Facebook saat kita baru menulis. Kita harus publish dulu.
Nah, ada banyak cara lain. Salah satunya ialah dengan menggunakan AddThis. Dengan AddThis, kita bisa membuat halaman kita bisa di-share bukan hanya di Facebook, tapi juga via Twitter, surel (e-mail), Google Plus, dan lain-lain. Kelebihan lainnya, kita bisa letakkan kode yang diberikan AddThis di template kita, sehingga setiap posting kita akan muncul dengan deretan icon untuk share, tanpa kita perlu bersusah-susah memasukkannya satu per satu di masing-masing posting blog kita. Silakan saja masuk ke halaman utama www.addthis.com. Kita bisa memilih model tampilan share kita seperti gambar di bawah ini.


Nah tinggal klik tombol "Get AddThis" deh. Trus kalo dia minta register, abaikan aja, klik tanda silang. Ga penting untuk register. Tapi kalo kita register, kita bisa dapet report traffic halaman blog kita. Tapi di Blogger toh ada Google Webmaster Tools, bukan? :D Oke, setelah itu kita akan memperoleh kode beberapa baris seperti di bawah ini (ini contoh bila memilih model ketiga):


<!-- AddThis Button BEGIN -->
<div class="addthis_toolbox addthis_default_style ">
<a class="addthis_button_facebook_like" fb:like:layout="button_count"></a>
<a class="addthis_button_tweet"></a>
<a class="addthis_button_google_plusone" g:plusone:size="medium"></a>
<a class="addthis_counter addthis_pill_style"></a>
</div>
<script type="text/javascript" src="http://s7.addthis.com/js/250/addthis_widget.js#pubid=xa-4e8a7eb452c5290e"></script>
<!-- AddThis Button END -->


Note: Sebetulnya kita bisa memperoleh kode yang lebih spesifik untuk halaman web atau blog tertentu, dengan cara mengklik link "Blogger, Wordpress and more options" pada gambar di atas.

Sekarang tinggal memasukkan kode yang diberikan AddThis ke template kita.


Silakan masuk ke bagian template, klik "Edit HTML", klik "Expand Widget Template". Jangan lupa save dulu templatenya dengan cara copy trus paste di notepad. Yaaah siapa tau terjadi sesuatu dan kita harus mengembalikan template kita.
Tergantung template yang digunakan, di dalam template biasanya ada 3 tag DIV yang membentuk posting kita, yakni:
  1. Tag <DIV class='title'> ... </DIV>, tag ini ditandai adanya unsur "data:post.title" di dalamnya.
  2. Tag <DIV class='author'> ... </DIV>, tag ini ditandai adanya unsur "data:post.author" di dalamnya.
  3. Tag <DIV class='entry'> ... </DIV>, tag ini ditandai adanya unsur "data:post.body" di dalamnya.
Ingat, nama class tiap DIV ini bisa beda, yang penting unsur di dalamnya. Nah kita bisa meletakkan kode dari AddThis di manapun yang kita suka di antara tag-tag itu, misalnya di bawah penulis (author) dan di atas isi posting (body).
Selamat mencoba! :)

Labels: , edit post
0 Responses

Posting Komentar