[08.15] Oleh: Raka Yusuf
Mengetahui alamat IP pengunjung situs kita bukanlah pekerjaan sulit bila kita menguasai sedikit kemampuan programming menggunakan bahasa pemrograman berbasis web seperti PHP atau ASP. Untuk apa kita mengetahui alamat pengunjung? Tentu saja untuk melihat siapa saja yg mengakses situs kita. Lebih jauh lagi, dengan mengetahui alamat IP pengunjung, kita bisa melihat dari lokasi mana saja pengunjung yang mengakses situs kita (untuk lebih jelas lihat di sini). Berikut ini merupakan cara sederhana mengetahui alamat IP pengunjung kita dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP.
PHP menyediakan environment variable $_SERVER[parameter] untuk banyak keperluan, antara lain melihat alamat IP pengunjung. Kita tinggal menambahkan parameter yang akan kita akses misalnya $_SERVER[REMOTE_ADDR]. Selain itu, parameter lain yang dapat kita gunakan untuk mengetahui alamat IP pengunjung ialah:
  • HTTP_CLIENT_IP
  • HTTP_X_REAL_IP
  • REMOTE_ADDR
  • HTTP_X_FORWARDED_FOR
  • HTTP_X_FORWARDED
  • HTTP_X_CLUSTER_CLIENT_IP
  • HTTP_FORWARDED_FOR
  • HTTP_FORWARDED
Kenapa ada banyak parameter? Tentunya karena ada banyak cara sebuah host tiba di situs kita. Singkatnya, bisa saja dia menggunakan alamat private atau melalui proxy server. Dengan demikian, untuk mengetahui alamat pengunjung kita harus melihat satu per satu isi parameter-parameter itu. Gampangnya, semua itu dilakukan dengan membuat sebuah fungsi, katakanlah namanya ambil_ip(). Lihat kode di bawah ini.
function ambil_ip() {
foreach (array('HTTP_CLIENT_IP', 'HTTP_X_REAL_IP', 'REMOTE_ADDR', 'HTTP_FORWARDED_FOR', 'HTTP_X_FORWARDED_FOR', 'HTTP_X_FORWARDED', 'HTTP_X_CLUSTER_CLIENT_IP', 'HTTP_FORWARDED') as $key) {
    if (array_key_exists($key, $_SERVER) === true) {
      foreach (explode(',', $_SERVER[$key]) as $ip) {
        if (filter_var($ip, FILTER_VALIDATE_IP) !== false) {
          return $ip;
        }
      }
    }
  }
}
Tentu saja  fungsi tersebut dapat dipanggil dengan cara seperti berikut:
$ip = ambil_ip();
dimana variabel $ip kemudian akan berisi alamat IP dari pengunjung.

Selamat mencoba! Semoga bermanfaat.
:)

-------
Kata kunci untuk search engine: cara melihat alamat IP pengunjung, cara melihat IP address, cara mengetahui alamat IP pengunjung, cara mengetahui IP address, variabel $_SERVER[].
Labels: , edit post
0 Responses

Posting Komentar