[08.39] Oleh: Raka Yusuf
Life is a comedy for those who think, and a tragedy for those who feel.
-- Horace Walpole

Sudah nonton Stand Up Comedy Indonesia belum? Itu loh yang disiarkan Kompas TV, stasiun TV baru di Indonesia (hmmm mungkin di Jakarta, tepatnya, serta beberapa kota besar di Indonesia). Asli kocak! Andai ada tombol LIKE di TV, pasti sudah banyak jempol yang diberikan penonton buat para Stand Up Comedy Indonesia itu.
Menurut Wikipedia, definisi stand up comedy adalah sebuah bentuk seni komedi, di mana pelakunya biasanya hanya satu orang berdiri (makanya disebut stand up) di depan penonton dan secara live berbicara kepada mereka. Aksi ini kemudian direkam untuk ditayangkan di TV atau melalui media lain seperti Internet atau CD, DVD, dan lain-lain. Pelaku komedi ini sering disebut sebagai comic, stand up comic, stand up comedian, atau stand up saja. Di panggung, seorang comic dapat bercerita apa saja yang lucu-lucu, biasanya pendek-pendek (disebut "bits"), yang lebih mirip monolog daripada dialog. Dalam perkembangannya, isi guyonan stand up comedy banyak berbicara kritik pribadi terhadap lingkungannya atau pendapat pribadi tentang hal-hal yang dianggap lucu di sekelilingnya.
Di Indonesia sendiri, terasa sekali masyarakat Indonesia amat kekurangan hiburan lucu dan segar dalam bentu acara komedi TV. Sejak jaman Basho (Bagito Show) yang diisi trio Miing-Didin-Unang, sampai jaman Ngelaba (Ngerumpi Lewat banyolan) yang digawangi trio Patrio Akri-Parto-Eko, rasanya sudah hampir tidak ada acara komedi lucu dan segar dengan rating tinggi. Acara lucu di TV paling-paling Bukan Empat Mata yang formatnya talk show. Acara di TV lain yang dimaksudkan untuk menjadi acara komedi nyaris bisa disebut gagal dan hanya bertahan beberapa episode. Acara komedi di TV yang dapat dianggap berhasil ialah Opera Van Java (OVJ) di Trans 7. Tapi inilah satu-satunya acara komedi di TV yang bisa kita tonton. Wajar rating-nya cukup tinggi karena tidak ada saingan. Ada sih saingan di TV lain, tapi karena berkesan mengekor OVJ dan isi lawakannya tidak fresh, OVJ-lah yang jadi primadona. Hiburan lucu lainnya di TV yang sempat naik daun mungkin bisa disebut di sini ialah Ipin Upin dan Shaun The Sheep, tapi mereka ini bukan acara khusus komedi. Hal lucu lainnya yang mungkin biasa 'ditonton' masyarakat Indonesia ialah aksi para politikus di Senayan sana yang aksinya kadang-kadang melebihi komedian di TV :)
Beberapa waktu belakangan ini muncul stasiun TV baru yaitu Kompas TV yang menawarkan format baru acara komedi TV untuk mengisi sebagian kekosongan acara komedi TV. Salah satu contohnya, silakan lihat video di bawah ini. Video lain dapat dicari di Youtube. Komedi di Video di bawah ini dibawakan oleh Raditya Dika yang ngetop dengan bukunya Kambing Jantan.




Acara ini dinamai Stand Up Comedy Indonesia. Sebenarnya stand up comedy di Indonesia bukan hal baru. Terhitung sudah dua tahun belakangan ini ada sebuah kafe di Kemang, Jakarta, yang menyuguhkan stand up comedy, yakni Comedy Cafe. Acara Stand Up Comedy Indonesia di Kompas TV merupakan ajang kompetisi stand up comedy, jadi setiap minggu ada peserta yang tereliminasi dan harus "close mic". Yang menjadi juri ada 3 orang, yakni Butet Kertarejasa, Indro Warkop, dan Astrid Tiar. Acara ini dipandu oleh Raditya Dika dan Panji Pragiwaksono. Menurut situs web Kompas, animo masyarakat untuk menjadi peserta acara ini cukup tinggi. Peserta datang dari berbagai kalangan, seperti pedagang, tentara, veteran, dosen, bahkan dokter bedah.
Jadi, belum nonton Stand Up Comedy Indonesia? Tunggu di depan TV tiap malam minggu jam 19:00 WIB.
Selamat menyaksikan!

-------
Kata kunci untuk search engine: stand up comedy, komedi tv, stand up comedy indonesia, kompas tv, acara komedi tv, stand up comedy di indonesia.

Gambar diambil dari http://komunikan.com/wp-content/uploads/2011/10/stand-up-comedy-indonesia-pandji-300x137.jpg.

Labels: , edit post
0 Responses

Posting Komentar