[10.56] Oleh: Raka Yusuf
Nah ini dia baru mantab (pake B)! Setelah searching gratisan, akhirnya ketemu juga antivirus buat handphone yang boleh dikasih rating 4,5 bintang! Antivirus itu bernama: Kaspersky Mobile Security versi 9.0 (KMS 9). Kemampuan dan fasilitasnya boleh diadu dengan antivirus lainnya.

Saya mencoba versi trialnya dulu untuk Nokia E72 tercinta. KMS 9 saya ambil dari Ovi Store. Setelah instalasi, dia minta aktivasi (seperti biasa layaknya software berbayar lainnya). Bagusnya, KMS 9 menyediakan berbagai macam skema aktivasi yang bisa kita pilih sesuai kemauan dan isi kantong kita tentunya.
Bayangin aja, selain antivirus (kualitas Kasperksy untuk urusan virus tidak perlu diragukan, bukan?) KMS 9 juga menyediakan fasilitas "wah" lainnya untuk sebuah handphone, semisal password protection untuk folder-folder data kita, communication filter (whitelist dan blacklist untuk telepon dan SMS), enkripsi data, parental control, firewall, dan anti-theft. Nah yang terakhir ini sengaja ditulis dengan huruf tebal karena merupakan fasilitas yang yahud punya. Dengan fasilitas anti-theft ini kita bisa melindungi HP kita dari kehilangan. Maksudnya ya kalau dicuri trus hilang ya hilang saja :D Tapi dengan fasilitas anti-theft ini kita bisa memblok HP kita secara remote alias dari jarak jauh. Lebih asik lagi, bila si pencuri mengganti SIM card, KMS akan memberitahukan kita nomor HP dari SIM card baru ini melalui alamat email yang telah kita set di KMS. Tidak akan ada lagi kita kehilangan HP dan tidak bisa menghubungi si pencuri, hihihi. Oya, fasilitas yang lebih mantab lagi ialah GPS-Find. Bila HP kita dicuri, kita bisa minta KMS secara remote untuk memberitahukan koordinat HP kita. Asal tau saja, koordinat yang diberikan cukup presisi (yaa tergantung GPS di HPnya juga sih). Ini mungkin mirip dengan fasilitas yang diberikan Samsung. Nah, buat para pencuri jaman sekarang, hati-hati deh kalo mau curi HP, tau-tau rumahnya didatangi polisi dalam sekejap mata.
Versi trial hanya dapat kita gunakan selama 30 hari. Meskipun demikian, fasilitas yang diberikan tidak dikebiri, alias semua fasilitas full-version. Lalu setelah 30 hari gimana ya? Yaa salah satu solusinya beli activation code-nya. Harganya lumayan mahal yakni hampir 300 ribu rupiah dan harus dibayar menggunakan kartu kredit. Ada opsi lain yakni One-click Buy dengan memotong pulsa kita (lisensinya aktif hanya 30 hari juga). Sayangnya, saat tulisan ini dibuat, Indosat tercinta tidak termasuk operator yang tergabung dalam One-click Buy.
Untuk lebih jelas soal KMS ini silakan kunjungi situs webnya.
Nah, setelah gugling, ternyata ada opsi lain, yakni trial selama 90 hari! Lumayan deh. Jadi total-total trial selama 120 hari :) Begini cara mendapatkan activation code 90 hari:
  1. Dari browser silakan masuk ke http://promo.kaspersky.com/123456.
  2. Bila muncul bahasa yang kita tidak mengerti, panggil Google Translate :D
  3. Intinya di sana ada 3 textbox. Isikan alamat email di textbox pertama. Kemudian isikan kode promo 49JHX-MW6B2 di textbox kedua. Di textbox ketiga, isi kode captcha yang terlihat. Klik tombol di bawahnya.
  4. Tunggu sebentar kemudian cek email. Di sana akan ada kode aktivasi untuk trial 90 hari. Silakan masukkan di KMS 9.
Selamat mencoba!


---
Gambar diambil dari:
http://www.kaspersky.co.uk/images/screenshots/kms9_tab2.jpg


Labels: , 0 comments | edit post