[14.52] Oleh: Raka Yusuf
Ketika beberapa hari yang lalu mencoba lagi untuk membiasakan berjalan kaki pagi hari, aku melihat seorang wanita yang berjalan bergegas masuk rumah setelah kelihatannya berbelanja di warung terdekat. Matahari masih malu-malu menyorotkan sinarnya sebelum jam 7 pagi itu, namun meskipun sekilas, jelas terbaca pemandangan yang tampak pagi itu dan cukup memicu pemikiran pagi hari terutaman untuk diri sendiri.
Wanita itu kira-kira berusia sekitar 30 - 40 tahun, karena ubannya sudah muncul di rambutnya tapi masih amat sedikit. Tetapi wanita itu terlihat lebih tua dari usianya. Kerutan di wajahnya amat nampak jelas apalagi tanpa make-up seperti itu.. Dia mengenakan celana yang panjangnya di atas lutut sehingga terlihat jelas bagian belakang lutut dan betisnya. Dia wanita keturunan, jadi kulitnya yang (dulunya) putih cukup terlihat namun kakinya dipernuhi urat-urat nadi yang menyembul berwarna kehijauan. Orang bilang itu varises.
Dia tidak tinggi, bagian atas badannya sama sekali tidak gemuk, tapi bagian perut ke bawah bener-benar tidak proporsional. Raut mukanya menunjukkan tipe seperti apa dia. Kedua matanya seolah selalu berkata, "Ini hidup gue, gue berhak suka-suka gue, gue berhak makan apa aja yang gue mau, gue berhak pulang malam dan tidur larut malam."
Ya, tentu saja orang seperti itu kemudian makan apapun yang dia suka sehingga perut, pinggul, dan pahanya amat berlemak dan menjadi tidak menarik. Orang seperti itu akan pergi kemanapun dia suka, tidur malam, dan kemudian melupakan hal penting dalam hidup, yakni olahraga. Mungkin olahraga sih, tapi seminggu sekali dan itupun tidak konsisten.
Kerut di wajah, lemak di bagian bawah tubuh, dan urat-urat hijau di kakinya menceritakan itu semua di pagi itu. Amat disayangkan karena usianya belum tua. Aku yakin, dia pun menyesal dengan pola hidupnya sehingga dia seperti itu sekarang.
Sambil menghela nafas dan berlalu dari pemandangan pagi itu, aku teringat beberapa pelajaran dalam hidup. Alangkah kita sudah diberitahu untuk "menjaga 5 hal sebelum datangnya 5 hal lainnya" (maaf, mungkin redaksional kalimatnya tidak persis begitu). Salah satunya ialah menjaga kesehatan sebelum datangnya sakit. Pola hidup teratur, tidak semau gue (dan tidak juga merasa "terpaksa menjadi tidak teratur" karena pekerjaan), makan makanan sehat, dan olahraga yang teratur, menjadi beberapa hal yang benar-benar harus dilakoni setiap hari dan harus konsisten dengannya. Memang sulit. Amat sulit. Apalagi untuk mereka-mereka yang terbiasa bertindak berdasarkan keinginan dan bukan kebutuhan. Sulit pula untuk menjadi sadar dengan semua itu. Hanya orang yang punya konsistensi tinggi yang mampu menjalaninya. Sisanya mungkin hanya "anget-anget tai ayam". Hanya bekerja keras untuk menjadi sehat hanya sesaat setelah dinasehati oleh teman, buku, TV, atau Internet (termasuk artikel ini, hehe :D ). Selanjutnya kembali ke pola lama yang tidak sehat.
Semoga Tuhan berkenan selalu mengingatkan kita untuk sehat dan menjadi menarik dengan kesehatan itu.

-------
Gambar diambil dari:
http://3.bp.blogspot.com/-HeNd6lz_NOs/TaB32k-pOsI/AAAAAAAAAY4/1ACkqrBjGG4/s1600/healthyliving.gif 
Labels: , , edit post
0 Responses

Posting Komentar